Meminimalkan Pusing dan Mata Pegal Saat Melihat Laptop / Monitor Komputer

Baru saja saya membeli laptop baru untuk menggantikan laptop berumur 5 tahun yang mulai sakit-sakitan😀. Setelah mencoba melihat monitor sekitar 3-4 jam saya sangat pusing dan otot – otot di sekitar mata tegang dan pegal. Pertama tama saya tidak sadar penyebabnya, saya kira pusing acak biasa saja namun setelah beberapa hari gejala tersebut muncul kembali, saya baru menyadari kalo penyebabnya laptop yang baru.Mungkin kalo menggunakan laptop hanya 1-3 jam tidak terasa efeknya tapi saya minimum 6 jam sehari :p

Saya bandingkan laptop yang baru dengan laptop yang lama, perbedaanya adalah :

1. Monitor baru adalah monitor dengan backlighting led yang terlihat jauh lebih terang dari monitor lama (lcd).

2. Monitor baru lebih besar (15.4″) dibanding lama (14″).

3. Monitor baru lebih glossy (mengkilat) dibanding lama.

4. Laptop baru memiliki fitur keyboard backlighting.

Setelah search Google beberapa saat bikin tambah pusing😀 karena informasi yang saya dapat simpang siur, ada yang bilang karena refresh rate led yang lebih rendah daripada lcd, ada yang bilang karena monitor glossy,ada yang bilang karena ukuran,dll2 @.@

Sempat bingung juga dan terlintas pikiran untuk menjual kembali he2. Setelah saya kombinasi informasi dari internet dan eksperimen saya berhasil menghilangkan efek pusing dan mata sakit saya. Inilah cara yang berhasil buat saya:

Informasi ini saya peroleh dari http://www.healthycomputing.com/office/setup/monitor/index.html yaitu sbb:

*gambar dari internet

  • Tempatkan laptop / monitor di tengah dalam hal ini sejajar dengan tubuh kita, tidak terlalu miring ke kanan atau ke kiri.
  • Jarak antara kita dan monitor sepanjang tangan kita.
  • Atur monitor agar bagian atasnya sejajar dengan mata kita.
  • Atur kemiringan monitor, bagi saya yang paling cocok sekitar 110-130 derajat.
  • Atur tingkat brightness (kecerahan) monitor kita, bagi saya yang nyaman sekitar 25% (1/4) dari tingkat kecerahan maksimum. Bagi saya faktor ini yang paling mempengaruhi.
    Tambahan bagi pengguna Mac, matikan Automatically adjust brightness pada System Preferences -> Display dan matikan Use LCD font smoothing when available pada System Preferences -> General.
    nullnull
  • Atur resolusi monitor agar tulisan tidak terlalu kecil, 2-3x ukuran terkecil yang bisa anda baca
  • Pilihlah monitor yang anti glare /doff /matte dibanding glossy (mengkilap), tapi karena sudah terlanjur beli ya sudah he2
  • Ikuti aturan 20/20/20 (belum saya coba he2): istirahat selama 20 detik setiap 20 menit dan melihat setidaknya sejauh 20 feet (~6 meter).
  • Jaga agar monitor tetap bersih dari kotoran, fingerprint, dll.
  • Tambahan dari saya : matikan keyboard backlighting jika laptop anda mempunyai fitur tersebut
    null

Semoga bermanfaat

*Update*
Untuk monitor glossy sebaiknya pencahayaan ruang (lampu) ditempatkan di sebelah samping laptop jangan di depan atau belakang.

Pos ini dipublikasikan di Hardware, Kesehatan, Pengalaman dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

14 Balasan ke Meminimalkan Pusing dan Mata Pegal Saat Melihat Laptop / Monitor Komputer

  1. jelajahbaru berkata:

    Tulisan yang bermanfaat .. Thank infonya …🙂

  2. Novan Adrian berkata:

    Sebenarnya kursi yang ergonomis juga penting. Kalo ga ergonomis bisa bikin sakit punggung dan aliran darah ga lancar yang ujung-ujungnya bikin pusing juga.
    Btw, nenteng MBP 15″ suka bikin pegel ga bos? gue nenteng yg 13″ kadang suka nyeri pundak, mungkin keberatan di magsafe nya.

    • Santoz berkata:

      Iya bener bos, kursi ergonomis jg penting. Klo belum punya bisa diakali tiap sejam berdiri n jalan kemana gitu sebentar. Jarang nenteng laptop saya bos he2, kalo bawa pergi juga pake tas backpack.

  3. Abbi Nunu berkata:

    bermanfaat sekali informasi ini.
    Haduh… Sekian lama aku merasakan pusing yg tidak karuan seperti pikiran melayang, gak sadar saat menghadapi kosumen, pokonya pusing aja intinya. Heum… Ternyata setelah baca2 postingan ini. Ternyata isi nya sama seperti yang saya alami (terlalu lama didepan komputer/laptop).
    Thanks for all brad akan saya pelajari postingan kesehatan ini.

    Salam kenal Abbi Nunu dari Subang.

  4. Amalia berkata:

    Trims ats tipsnya,, gue kerjaannya mandengin laptop sehari kadang 8jam,, emg sih kadang kepala pusing tapi agak samar2 gitu alias sangat kecil. Beberapa waktu lalu aq periksa ke dokter, dg rujukan bahwa sering pusing. Setelah diperiksa ternyata aq kurang darah. Apa penyebabnya terlalu menghadap laptop atau gimana?? mata masih normal. heem bingung jadinya.
    Kasih saran donk.??? yaya

    • Santoz berkata:

      Kyknya ga ada hubungannya terlalu lama menghadap latop dengan kurang darah. Kalo memang kurang darah brarti penyebab pusingnya menurut sy karena kurang darahnya bukan terlalu lama di depan laptop.

  5. aannakborneo berkata:

    materinya bgs sob n jgn lupa kunjungi my blog follow n like jga at http://aanborneo.blogspot.com/
    trims…slm knl…🙂

  6. Ilham berkata:

    Mas…ganti macbook? pengalaman saya jg begitu…makai 30 menit saja sudah capek,pedih,mualTernyata yg kita alami juga dialami banyak pengguna di luar sono. Silakan cari dgn kunci “macbook hurt eyes”
    Sy pun sudah mencoba trik sprti yg mas bilang td,juga menggunakan aplikasi flux yg katanya bisa mengurangi efek buruk tsb.Tapi hasilnya nihil.

    Kesimpulan saya…teknologi LED ndak cocok ut laptop.

    Saya pun berniat mempensiunkan macbook pro mid 2012 saya dan kembali ke PC LCD screen. Mau gaya tapi mata buta? nggak deeh.

    *Oya..silakan survey…macbook pro mania (setelah th produksi 2008) pasti kebanyakan menggunakan kacamata.

    • Santoz berkata:

      mungkin karena permukaan screennya yang glare (mengkilat) soalnya sy jg pernah dlu pake monitor komputer glare jg gitu. Yang paling penting sumber cahaya jangan pas di depan atau dibelakang screen. Masih bisa ditoleransi kalo begitu

  7. blogpoin berkata:

    wah saya pegal banget mata gan, ampir tiap hari ngadep laptop apalagi pas lampu remang, aduh jan.. saya imbangi dengan minum jus wortel seminggu 2 kali

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s