Manfaat Bakteri, Probiotik Bagi Kesehatan Dan Bahaya Obat Antibiotik

Tahukah anda bahwa usus kita dihuni bertrilyun – trilyun mikro organisme ? mikro organisme ini sebagian besar terdiri dari bakteri yang terdiri dari setidaknya 500 jenis spesies. Selain bakteri juga ada jamur dan protozoa namun aktifitas mereka belum banyak diketahui.

Hubungan manusia dengan bakteri – bakteri tersebut adalah simbiosis (hubungan saling menguntungkan, istilah bisnisnya win-win solution ha2). Bakteri tersebut memberi manfaat bagi manusia seperti memfermentasi zat – zat energi yang tidak terpakai, melatih sistem imun, mencegah perkembangan bakteri dan mikro organisme lainnya yang berbahaya (pathogen), mengatur perkembangan usus, memproduksi vitamin (seperti biotin dan vitamin K), dll.

Hubungan Bakteri Usus dan Sistem Imun Kekebalan Tubuh

Bakteri usus mempunyai efek yang terus menerus dan dinamik terhadap usus dan sistem imun. Bakteri adalah kunci dalam perkembangan sistem imun dalam hal fisik dan fungsinya. Bakteri – bakteri yang baik ini menstimulasi tubuh untuk memproduksi antibodi untuk melawan bakteri yang berbahaya (pathogen), sehingga sistem imun mengenali dan melawan bakteri yang berbahaya tetapi tidak menyerang bakteri yang berguna.

Segera setelah bayi dilahirkan, bakteri – bakteri mulai membentuk koloni di dalam saluran cerna bayi tersebut. Spesies bakteri yang pertama masuk dapat mempengaruhi respon sistem imun, membuatnya lebih disukai dan tingkat keselamatannya lebih tinggi dari spesies yang lain, oleh sebab itu spesies bakteri pertama yang berhasil membentuk koloni menentukan komposisi spesies – spesies bakteri dalam usus.

Bakteri – bakteri usus tersebut juga mencegah alergi dan auto imun karena mereka melatih sistem imun. Alergi adalah keadaan dimana sistem imun over reaktif terhadap zat – zat yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh. Auto imun adalah keadaan dimana sistem imun tidak bisa membedakan antara sel tubuh dan penyakit, sehingga sistem imun menyerang sel – sel tubuh seperti pada penyakit Lupus, Sjogren’s syndrome, rheumatoid arthritis, dll

Hubungan Bakteri dan Air Susu Ibu

Tahukah anda bahwa air susu ibu sebagian besar tidak dapat dicerna oleh bayi dan mempunyai fungsi selain untuk nutrisi? yaitu mempengaruhi komposisi bakteri di dalam perut bayi ! air susu ibu mengandung zat yang menstimulasi pertumbuhan bakteri dari strain Bifidobacterium yang sangat berguna, air susu ibu juga mengandung bakteri dari strain bifido yang masih merupakan misteri ilmu pengetahuan sampai sekarang.

Bakteri – bakteri ini kemudian melatih sistem imun untuk melawan mikro organisme berbahaya dan mencegah kelainan sistem imun seperti alergi dan auto imun. Protein – protein dalam air susu ibu juga memiliki fungsi yang spesial, salah satunya alpha-lactalbumin dapat menyerang sel tumor dan sel yang terinfeksi virus.

Penemuan tersebut membuat para peneliti menyadari setiap komponen dari air susu ibu mempunyai peran yang spesial. Mereka berkata “It’s all there for a purpose, though we’re still figuring out what that purpose is,” Dr. Mills said. “So for God’s sake, please breast-feed (menyusui).”

Subhanallah Allahuakbar hal ini terdapat dalam Al Quran Al Baqarah, 233 :

وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ وَعَلَى الْمَوْلُودِ لَهُ رِزْقُهُنَّ وَكِسْوَتُهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ لَا تُكَلَّفُ نَفْسٌ إِلَّا وُسْعَهَا لَا تُضَارَّ وَالِدَةٌ بِوَلَدِهَا وَلَا مَوْلُودٌ لَهُ بِوَلَدِهِ وَعَلَى الْوَارِثِ مِثْلُ ذَلِكَ فَإِنْ أَرَادَا فِصَالًا عَنْ تَرَاضٍ مِنْهُمَا وَتَشَاوُرٍ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِمَا وَإِنْ أَرَدْتُمْ أَنْ تَسْتَرْضِعُوا أَوْلَادَكُمْ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ إِذَا سَلَّمْتُمْ مَا ءَاتَيْتُمْ بِالْمَعْرُوفِ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ (البقرة : 233)

“Para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuannya. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani kecuali sesuai dengan kadar kemampuannya. Janganlah seorang ibu (menjadi) menderita sengsara karena anaknya dan seorang ayah (jangan menjadi menderita) karena anaknya, dan ahli warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kalian ingin anak kalian disusui oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagi kalian apabila kalian memberikan pembayaran sepatutnya. Bertakwalah kalian kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha melihat apa yang kalian kerjakan.”

Dan Al-Quran diturunkan 14 abad yang lalu yang ilmu pengetahuan masih primitif, karena Al Quran adalah ciptaan Allah Yang menciptakan manusia dan Maha Segala-galanya. Kemungkinan besar masih terdapat menfaat – manfaat lainnya dari menyusui dan mengapa 2 tahun yang ilmu pengetahuan belum tahu jawabannya.

Itulah mengapa anak yang disusui selama 2 tahun relatif lebih sehat di kemudian hari.Ini adalah kisah nyata antara saya dan kakak saya. Orang tua kami mempunyai perpaduan gen – gen yang tidak baik dalam hal sistem imun, ibu saya mempunyai alergi sedangkan bapak saya mempunyai asma dan alergi juga, bahkan ketiga saudaranya meninggal karena asma. Kakak saya disusui selama 2 tahun sedangkan saya hanya beberapa bulan karena alasan kesehatan ibu waktu itu.

Hasilnya: kakak saya jarang sakit, tidak sakit asma, tidak sakit auto imun, alergi ada tapi jauh lebih sedikit alergen(zat-zat pemicu alergi). Sedangkan saya sakit-sakitan, asma, auto imun dan alergi terhadap banyak alergen. Ok, mungkin terdapat probabilitas (kemungkinan) komposisi gen antara saya dan kakak saya berbeda, namun tidak mungkin berbeda sama sekali seperti bumi dan langit. Kakak saya kalau kena debu juga bersin – bersin tetapi tidak sampai asma.

Menurut saya itu karena kakak saya disusui selama 2 tahun sehingga komposisi bakteri dalam perutnya baik sehingga sistem imunnya juga berkembang baik. Mungkin kakak saya juga mempunyai gen – gen asma,dll namun karena sistem imunnya terlatih dengan baik maka hal tersebut tidak sampai terjadi. Oleh karena itu para ibu – ibu, tolong, tolong susui anak anda selama 2 tahun demi kesehatan anak anda selama hidupnya !!!

Bahaya Obat Anti biotik Bagi Kesehatan

Kayaknya sudah menjadi tradisi bagi dokter Indonesia untuk obral resep yang namanya obat antibiotik. Obat antibiotik adalah obat untuk membunuh bakteri, ya membunuh bakteri, baik itu bakteri baik maupun jahat !! antibiotik dibagi menjadi dua, antibiotik untuk gram negative dan positive dan broad spectrum(yang mencakup keduanya).

Antibiotik paling keras yang saya ketahui adalah ciprofloxacin / ciproxin / cipro, obat ini termasuk broad spectrum, yaitu membunuh bakteri tanpa pandang bulu di dalam perut anda. Dan parahnya dokter Indonesia suka ngobral resep obat ini !!

Memang kalo sakit infeksi haru diobati dengan antibiotik namun lebih baiknya jika tidak menggunakan broad spectrum antibiotik, mungkin karena dokternya malas mikir atau tidak tahu penyakitnya langsung saja dihajar ciproxin…gila. Sudah sangat sering saya mendengar cerita gangguan kesehatan berkepanjangan setelah mengkonsumsi antibiotik, terutama yang keras dan broad spektrum seperti ciprofloxacin.

Kebanyakan adalah gangguan pencernaan berkepanjangan, saya sendiri juga sudah berkali – kali mengalaminya. Seperti sakit perut, mual / sebah berkepanjangan,dll. Bahkan salah satu teman ibu saya harus mengeluarkan uang berjuta – juta untuk mencangkok bakteri di dalam perutnya karena mati semua terkena antibiotik, yang prosesnya pun sangat sulit karena sebagian bakteri tersebut tidak dapat di-kultur (dikembang biakkan di media).Teman ibu saya tersebut (maaf) makan nasi keluar nasi, makan daging keluar daging, dst

Perlu diketahu antibiotik tidak bisa membunuh virus seperti saat kita terkena penyakit paling umum flu, namun sistem imun kita yang membunuh virus tersebut. Namun kalo kita ke dokter pasti diberi antibiotik kan ? hal tersebut untuk mencegah infeksi bakteri sekunder saja yang jumlah kasusnya sangat – sangat sedikit dalam kenyataannya. Begitu pula adanya dengan demam berdarah (disebabkan virus dengue), antibiotik hanya untuk mencegah infeksi bakteri sekunder saja.

Saya pernah dicertain ibu saya, dulu waktu di Amerika pas kakak saya sakit flu dibawa ke dokter. Oleh dokternya cuman diberi obat turun panas sama disuruh minum air putih yang banyak, ibu saya sempat berpikir “mungkin gratis apa ya kok cuman dikasih obat turun panas”😀. Setelah ibu saya diceritain oleh teman-temannya yang mempunyai masalah kesehatan berkepanjangan setelah minum antibiotik baru ibu saya sadar. Memang sih di daerah tropis terdapat berbagai macam bakteri yang menyebabkan penyakit, namun kalo flu saja diberi cipro itu namanya TER-LA-LU BRU-TAL.

Kalo di Surabaya saya tahu dokter yang baik yang ga sembarangan memberi antibiotik broad spectrum (ex: cipro), beliau adalah dokter Efendi prakteknya di rumah sakit Al-Irsyad. Kalaupun memberi antibiotik yang membunuh bakteri tertentu saja, buktinya saja infeksi perut juga sembuh tanpa efek samping berkepanjangan. Mungkin karena beliau selain spesialis penyakit dalam juga spesialis imun jadi paham seberapa pentingnya bakteri dalam perut kita.

Kalau memang harus meminum antibiotik, tambahkanlah obat probiotik (kapsul yang berisi bakteri – bakteri yang berguna). Dalam memilih probiotik ini juga cocok – cocokan kalau gak cocok perut malah mules, kalau saya cocoknya sama Rillus, kalau Protexin perut saya sedikit bereaksi he2. Namun hal itu tidak meniadakan bahaya antibiotik, karena mungkin ada spesies – spesies bakteri yang tidak tergantikan karena mati oleh antibiotik tersebut.

Daftar pustaka:
http://en.wikipedia.org/wiki/Gut_flora
http://www.nytimes.com/2010/08/03/science/03milk.html
– Pengalaman🙂

Pos ini dipublikasikan di Kesehatan, Pengalaman dan tag , , , , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Manfaat Bakteri, Probiotik Bagi Kesehatan Dan Bahaya Obat Antibiotik

  1. muchlis amal berkata:

    Maha benar Allah dengan semua firman-Nya. Memang jika ada pertentangan antara iptek dan Alqur,an maka Alqur,anlah yang pasti benar. Sebab Iptek hanyah hasil olah fikir manusia sedangkan manusia dan fikirannya adalah ciptaan Allah. Lalu bagaimana dengan antibiotik alami seperti yang terdapat madu, kunyit putih dan yang lainnya? Mohon bagi2 ilmunya. ! Jazakumullah ahsanal jaza’.

    • Santoz berkata:

      saya kurang tau kalo tentang antibiotik alami tersebut, namun jika kita memakannya dalam keadaan sehat kita tidak menjadi sakit. Mungkin karena zat2 tersebut selektif hanya membunuh bakteri yang jahat tidak seperti antibiotik sintesis

  2. Irwansyah berkata:

    Terimakasih banyak atas informasi yang bermanfaat ini. Saya bisa sampai ke artikel ini juga sebenarnya karena lagi “tersiksa” oleh ciprofloxacin. Ceritanya sekitar 3-4 hari yang lalu saya dan adek saya mendadak kompakan demam. Trus krn ga tahan saya pergi ke salah satu dokter muda yang buka praktiknya di salah satu apotik besar (Yg cabangnya ada di seantero Indonesia). Baru minum 3 biji, saya dan adek saya langsung tepar dan mendadak gelisah. Makan jadi ga enak makan karena selalu mual dan muntah, badan pegel-pegel, lidah pahit, lemas, pkoknya yg ga enak-enak. Kebetulan saya punya teman yang juga suka kerja melayani praktik dokter utk meracik obat, dari dia saya tahu kalo kalau kemungkinan itu karena antibiotik. Untuk meyakinkan saya searching2 nih, dan ternyata Alloh tunjukkan jalan.
    (Tulisan ini saya tulis dengan masih menahan mual, dan melihat adik saya terbaring ga berdaya di kamar kost kami)
    Hanya untuk sekedar berbagi saja, spaya tman2 bs lbh berhati2, tdk ada mksud lain.

    • Santoz berkata:

      Iya, saya juga dengar banyak cerita tentang bahaya cipro ini. Bahkan beberapa menjadi penyakit yang kronis. Dicoba minum probiotik seperti rillus ,l-bio,dll bro, insyaAllah membantu

  3. biojanna kediri berkata:

    terimakasih, artikel yg sangat membantu, detail juga.
    alhamduliaaah sangat membantu.

  4. aldah berkata:

    terima kasih dengan adanya artikel ini semakin bertambah pula wawasan saya, semoga bermanfaat untuk semua orang.

    amin,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  5. Maz-V berkata:

    Bagaimana jika sudah terlanjur minum 2 hari? masih tersisa 3 hari sebaiknya dilanjutkan tidak?

Tinggalkan Balasan

