Tips Cara Berhemat Uang Bagi Single Yang Super Boros Kronis

Judul di atas mengandung kata “single” karena saya belum berpengalaman berumah tangga he3. Sebenarnya dahulu sebelum bekerja saya sangat hemat, bahkan terlalu hemat sampai-sampai kalo barang yang saya punyai belum hancur total tidak saya ganti . Tapi itu bukan karena sifat / jiwa saya yang hemat dari sononya, tetapi karena saya tidak punya uang sendiri alias dikasi ortu yang tentu saja dibatasi.

Setelah mempunyai penghasilan sendiri, sifat saya yang sebenarnya meledak: SUPER BOROS KRONIS he2. Saya membeli barang – barang yang saya inginkan, bukan yang saya butuhkan. Semisal mainan airsoft dan alat-alat musik yang harganya duile gile. Hal tersebut berlangsung selama berbulan – bulan sampai pernah penghasilan sebulan hampir semuanya ludes untuk membeli barang -barang hobi.

Bagi yang super boros tau kan rasanya sewaktu ada barang ingin kita beli ? malam, siang, pagi, sore, bulan, bintang,mendung terbayang – bayang dan nafsu membara di dada untuk segera membelinya wkwk, bahasa kaskusnya ‘keracunan’. Tetapi seringkali setelah menghabiskan uang tersebut muncul perasaan bersalah kan ?

Memang single tidak mempunyai tanggungan, tapi alangkah baiknya kalo uang tersebut disimpan dan dijadikan investasi. Terutama bagi freelancer seperti saya, yang tidak punya asuransi ini itu dan penghasilan tidak tetap.

Niat saja tidak cukup bagi para boros kronis, harus ada cara untuk memaksa menghentikan kebiasaan tersebut. Setelah beberapa kali ber-eksperimen saya menemukan cara tersebut.

Inilah caranya:

1. Setelah menerima penghasilan bulanan dikurangi zakat, ambil sejumlah yang dibutuhkan untuk hidup sehari-hari selama 1 bulan + uang untuk hobi yang jumlahnya sedikit saja.

Sisanya titipkan ke rekening orang lain yang anda percaya, tegas dan tentu saja tidak membelanjakan uang anda😀 Anda tidak boleh sama sekali memiliki kontrol atas rekening tersebut: kartu atm, buku rekening dan token internet banking semuanya dipegang oleh orang tersebut. Bagi saya orang tersebut adalah ibu saya.

2.  Hindari browsing di fjb kaskus atau toko online atau dimana saja yang membuat timbulnya ‘keracunan’.

3. Jika anda memakai kartu kredit untuk berhutang, buang kartu kredit anda. Saya pribadi ga pernah memakai kartu kredit untuk berhutang melainkan sebagai pengganti uang cash. Dan hanya menggunakannya kalo tidak ada metode pembayaran lain, contoh umumnya membeli barang dari website luar negeri seperti Amazon dan Ebay.

Pada saat pertama-tama anda akan merasakan ‘sakaw’, disinilah niat saja tidak akan cukup selama anda masih memiliki kontrol akan uang tersebut. Dan itulah pentingnya seseorang yang tegas yang menjaganya. Seiring berjalannya waktu nafsu itu akan menurun dengan sendirinya dan mungkin setelah uang hobi anda terkumpul, anda sudah kehilangan minat untuk membelinya.

Efek samping cara ini adalah kita akan juga merasa eman untuk membeli keperluan yang memang diperlukan😀

Pos ini dipublikasikan di Curhat, Pengalaman dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Tips Cara Berhemat Uang Bagi Single Yang Super Boros Kronis

  1. PeTreuQ berkata:

    wkwkwkwkkwkw…
    ntu ane banget gan… =))
    nice share, keep posting..!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s