Cara Mudah Install Dan Memulai C++ Dengan Code::Blocks di Windows

Wiih, gak kerasa udah lama banget gak nulis zzzzzzz

Kali ini lagi pengen nulis sesuatu yang berhubungan dengan komputer khususnya pemrograman. Cara termudah memulai pemrograman C++ adalah dengan menginstal program Code::Blocks. Code::Blocks adalah salah satu C++ IDE (Integrated Development Environment) yang paling mudah digunakan, sudah termasuk compiler, editor, debugger, dll. Pokoknya habis instal langsung jalan tanpa setting lagi. Sangat cocok digunakan untuk pemula seperti saya.

Code::Blocks termasuk program cross-platform yang dapat berjalan di Windows, Mac OS X dan Linux (Ubuntu, Linux Mint, dll). Jadi tidak perlu repot kalo kita menggunakan lebih dari 1 platform semisal Windows + Mac ato Windows + Linux kita dapat menggunakan Code::Blocks saja. Dan yang paling penting program ini free alias gratis.

Langsung saja kita mulai:

1. Download Code::Blocks di http://www.codeblocks.org/downloads/binaries pilih yang bernama codeblocks-xx.xxmingw-setup.exe
sshot-1

2. Buka file tadi dan install seperti biasa, next next…….Finish😀

3. Buka program Code::Blocks pilih GNU GCC compiler (lupa ga discreenshot :p)

4. Pilih menu File -> New -> Project

5. Pilih Console Application lalu Next

sshot-2

6. Next, pilih C++ lalu next

7. Masukkan nama program dan pilih folder untuk menyimpan file – file project kita
sshot-5

7. Klik Finish maka akan tampil seperti ini:
sshot-9

Saya edit sedikit dari “Hello World!” menjadi “Hello Pus!”

8. Lalu pilih menu Build -> Build & Run (F9), akan tampil sbb:
sshot-10

Secara default programnya akan di-pause dan menunggu penekanan tombol untuk keluar. Kalo tidak ingin program kita di-pause bisa dirubah dengan klik menu Project -> Properties -> Build Target -> unmark pilihan  Pause when execution ends
sshot-11

Mudah kan ? happy C++ programming

Pos ini dipublikasikan di Pengalaman, Software dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s